Adat Honai Papua Rumah

Rumahhonairumahadatpapua Sejarah Negara Com

Adat Honai Papua Rumah
Honai Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas
Honai Rumahadat Suku Dani Papua Bobo

Rumah adat di papua dikenal dengan nama honai sumber : budayapapuaa. blogspot. papua, salah satu provinsi di indonesia yang telah diujung timur, dengan wilayah yang paling luas diantara provinsi lainnya. Ciri khas dari rumah adat papua honai. rumah ini tidak memiliki jendela, hanya terdapat satu buah pintu. rumah ini memiliki tinggi 2,5 meter dan memiliki ruangan yang sempit yaitu sekitar 5 meter. hal tersebut bertujuan untuk menahan suhu yang dingin di pegunungan. Hal yang merupakan rumah adat honai ditemukan di suatu lembah dan daratan. ciri dari rumah khas adat papua honai itu adalah rumah ini tidak memiliki jendela, yang hanya memiliki satu buah pintu. rumah ini memiliki tinggi hingga 2,5 meter dan memiliki ruangan yang sempit yaitu sekitar 5 meter.

Rumahadatpapua Rumah Unik Bentuk Jamur Bernama Honai

Ternyata rumah honai tidak hanya unik tapi juga memiliki fungsi yang cukup khas sesuai dengan adat masyarakat papua. tags design rumah rumah adat rumah honai rumah papua ← 9 keunikan rumah adat baileo khas maluku dan maluku adat honai papua rumah utara → 8 keunikan rumah adat tongkonan khas tana toraja. Struktur rumah adat papua honai; rumah honai yang digunakan sebagai tepat tinggal kaum laki-laki memiliki ukuran yang besar. biasanya rumah akan dibangun dengan ukuran tinggi 3 meter dengan diameter ruangan sebesar 5 meter. rumah ini berbentuk lingkaran dengan hanya ada 1 pintu di bagian depan.

5 Rumah Adat Papua Filosofi Istimewa Di Ujung Timur Indonesia

Isi rumah honai. honai terdiri dari dua tingkat lantai yang dihubungkan dengan tangga. rumah adat ini biasanya terletak di lembah-lembah pegunungan di tengah pulau papua dengan iklim yang cukup dingin. inilah kenapa rumah honai dirancang agak rendah, ternyata untuk mengurangi dinginnya angin yang berasal dari pegunungan. Papua bisa kamu jadikan pilihan untuk travelling, di papua kamu akan disuguhkan pemandangan dan kehidupan masyarakat papua yang adat honai papua rumah masih alami dan tradisional. salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi saat ke papua adalah rumah adat papua yang bernama honai. honai merupakan rumah adat papua yang unik dan memiliki daya tarik tersendiri. 1.

More rumah adat papua honai images. Inilah honai, rumah adat suku dani yang tinggal di lembah baliem, kabupaten jayawijaya, papua. selain jadi tempat tinggal, honai juga multifungsi! ” ia sempatkan diri untuk memasuki rumah adat honai dan kaget karena mungil sekali rumahnya. sampai sampai ia pun tidak bisa berdiri dengan sempurna didalamnya. kejadian ini sangat membuat. Rumahpapua barat dan timur adalah sama-sama disebuat rumah adat honai. rumah papua barat yang didirikan oleh suku arfak dikenal dengan nama mod aki aksa yang artinya rumah kaki seribu. bisa kita bayangkan bagaimana rumah honai ini dibangun dengan alat yang seadanya, karena tempat mereka jauh dari perkotaan sehingga mereka menggunakan alat.

Daftar Terlengkap 5 Rumah Adat Papua Keunikan Gambar

Rumah adat honai memiliki arsitektur atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerai atau ilalang. ukuran rumah honai pada umumnya kecil, dengan tinggi sekitar 2,5 meter dan tidak berjendela. tujuannya adalah menahan hawa dingin pengunungan. Honai. rumahadatpapua atau rumah bundar (honai)yang juga sering dijuluki onai dalam bahasa papua merupakan bangunan tradisional khas suku dani di wamena. wamena adalah ibukota kabupaten jayawijaya yang letaknya di wilayah pegunungan tengah papua. berada di ketinggian 1. 800 meter diatas permukaan laut, wamena tidak memiliki wilayah lautan. Nama rumah adat papua pulau papua terbagi menjadi dua provinsi yang keduanya memiliki rumah adat yang sama. baik rumah adat provinsi papua maupun provinsi papua barat keduanya disebut honai. setiap rumah honai biasa ditinggali antara 5 sampai 10 orang. rumah ini biasa digunakan sebagai tempat istirahat atau tidur di malam hari.

Rumahadathonai memiliki arsitektur atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerai atau ilalang. ukuran rumah honai pada umumnya kecil, dengan tinggi sekitar 2,5 meter dan tidak berjendela. tujuannya adalah menahan hawa dingin pengunungan. Di papua, ada satu suku yang dikenal dengan nama suku dani. suku dani adalah suku yang menetap di sebuah perkampungan papua, tepatnya di lembah baliem. suku ini memiliki rumah adat yang memiliki bentuk yang sangat unik, namanya rumah adat honai. rumah ini tidak hanya digunakan oleh masyarakat suku dani sebagai tempat tinggal saja, tetapi juga Honai adalah rumah adat papua pada khususnya di bagian penggunungan. papua terkenal dengan budayanya yang berakena ragam dan bahkan sebagaian dari masyarakatnya masih memegang kuat kebudayaannya. ada satu hal yang perlu kita ketahui tentang papua yaitu mengenai rumah adatnya.

Daftar Terlengkap 5 Rumah Adat Papua Keunikan Gambar

Struktur honai rumah adat papua berbeda dengan kebanyakan rumah adat di indonesia yang berstruktur panggung, rumah adat honai papua rumah honai sendiri memiliki lantai berupa tanah. lantai rumah honai ada 2, lantai pertama yang beralas tanah biasanya digunakan untuk tempat berkumpul, bermusyawarah, dan beraktivitas saat malam hari, dan lantai kedua yang beralas papan. Rumahadatpapua ini memilik berbagai macam dan jenisnya. dikarenakan banyaknya suku bangsa di tanah papua. keunikan dan ciri khas dari masing masing rumah adat papua. salah satu rumah adat terkenal, dikenal dengan nama rumah honai. bentuk dari rumah adat ini memiliki filosofi tersendiri bagi penduduk setempat.

Honai ialah salah dari beberapa rumah adat papua, rumah ini bisa kita temukan di lembah atau pegunungan provinsi papua lebih tepatnya lagi pada suku dani. salah satu tempat yang cukup lumayan banyak untuk menemukan rumah ini adalah lembah wamena atau baliem, dengan desain bangunan yang berbahan dari kayu dan atap membentuk kerucut menjadikan. Rumah honai berukuran sempit yaitu tinggi sekitar 3 meter dan diameter sekitar 5 meter. meski sempit, rumah adat papua ini diisi oleh banyak orang antara 5 sd 10 orang, hal ini dimaksudkan agar suhu di dalam rumah bisa tetap terjaga hangat.

Rumahadatpapuarumahadat di papua dikenal dengan nama honai sumber : budayapapuaa. blogspot.. papua, salah satu provinsi di indonesia yang telah diujung timur, dengan wilayah yang paling luas diantara provinsi lainnya. Honai adalah rumah adat papua yang menjadi tempat tinggal bagi suku dani. honai ini sendiri menjadi tempat yang dihuni oleh laki-laki dewasa. honai berasal dari kata “hun” atau laki-laki dan “ai” yang berarti rumah jadi honai adalah rumah untuk laki-laki. biasanya honai bisa kita jumpai di lembah dan pegunungan. Rumahhonai berukuran sempit yaitu tinggi sekitar 3 meter dan diameter sekitar 5 meter. meski sempit, rumah adat papua ini diisi oleh banyak orang antara 5 sd 10 orang, hal ini dimaksudkan agar suhu di dalam rumah bisa tetap terjaga hangat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minimalis Rumah Dapur Subsidi

Adat Manggarai Rumah

Rumah123 Cinere Ashanty