Toraja Rumah

Jan 27, 2017 tongkonan merupakan rumah adat toraja yang punya makna. mulai dari status sosial sampai arti hidup, semua terukir di sana.

Suku toraja negara indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat melimpah. selain itu di indonesia juga terdapat suku bangsa yang begitu beragam. salah satunya adalah toraja rumah suku toraja yang berada di sulawesi. suku ini adalah suku yang terbilang unik dibanding suku-suku yang lain yang ada di indonesia. kebudayaan asli yang masih dimiliki suku ini menjadi daya Oct 7, 2019 tongkonan memiliki banyak makna yang menjadi cerminan masyarakat tradisional toraja. inilah 5 fakta menarik terkait rumah adat toraja ini.

Sejarah Rumah Adat Toraja Yang Perlu Diketahui Ngetren

Sejarah Rumah Adat Toraja Yang Perlu Diketahui Ngetren

kota pare pare disnaker kota palopo disnaker kab toraja utara disnakertrans kab kolaka disnakertrans kab muna disnakertrans profdr rd kandou manado rsup sanglah denpasar rumah sakit islam jemursari rumah sakit pelabuhan cirebon rumah sakit pelabuhan jakarta rumah sakit pelabuhan jakarta rumah sakit sumber waras cirebon travellinganddreaming / places featured on this video: -tana toraja region -tangkoko -tomohon town and minahasa -hiking mount travellinganddreaming / places featured on this video: -tana toraja region -tangkoko -tomohon town and minahasa -hiking mount

Arsitektur atau bentuk rumah adat toraja atau tongkonan menyerupai perahu layar atau longa dan dindingnya diukir, serta menghadap ke utara. fungsi umum dari tongkonan ini adalah tempat berkumpulnya para keluaraga besar untuk merayakan suatu pesta adat baik rambu tuka’ ataupun rambu solo’. Rumah adat toraja, tongkonan dibagi ke toraja rumah dalam 4 jenis. pembagian ini didasarkan pada fungsi tongkonan itu sendiri, yakni: tongkonan layuk, merupakan rumah dimana peraturan serta penyebarannya disusun. tongkonan pakamberan/pakaindoran, merupakan rumah adat toraja tempat dimana atura-aturan yang telah dibuat dilaksanakan.

Toraja Rumah

Tongkonan is the traditional ancestral house, or rumah adat of the torajan people, in south sulawesi, indonesia. tongkonan have a distinguishing . Mar 12, 2019 belum lagi rumah adat toraja tongkonan yang menyimpan banyak misteri. terletak di provinsi sulawesi selatan, kabupaten tana toraja ini . Rumah adat suku toraja kaya akan berbagai jenis ukiran yang menghiasi dinding dari rumah tongkonan. ukiran ini terdiri dari empat warna yaitu hitam sebagai warna dasar,kemudian merah,kuning dan putih. tak hanya memperindah tampilan rumah tongkonan namun ukiran ini memiliki setiap makna dari bentuk atau motif dari ukiran tersebut.

Anda bisa melihat bagaimana material kayu, hiasan ukiran rumah dan juga tanduk kerbau yang ada di rumah adat ini. tentu keindahan rumah tradisional ini . 5 rumah di tana toraja dari rp. 1. 000. 000. cari penawaran terbaik untuk properti di tana toraja. janjian jika mau cek lokasi promo: 2 unit rumah rp 299. 000. 000 ( cash ) rp. 425. 000. 000 ( 24 x bayar ) rp. 385. 000. 000 ( kpr ). dapatkan unitnya pada nomor yg tersediarumah dijual dengan 2 kamar tidur di. makale, telp (0423) 24040, 24140 dinas kesehatan kabupaten toraja utarajl pramuka no 7 rantepao 91831, telp (0423) Rumah adat sulawesi selatan suku toraja atau masyarakat daerah tersebut menyebutnya tongkonan. tongkonan berdiri di atas tumpukan kayu yang biasanya ukiran yang terdapat pada tongkonan ini memiliki 3 warna yaitu warna merah, hitam, dan kuning. tongkonan sendiri melambangkan hubungan dengan leluhur mereka sehingga rumah ini digunakan sebagai.

5 Fakta Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna

More toraja rumah rumah toraja images. Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan .

The torajans are an ethnic group indigenous to a mountainous region of south sulawesi, indonesia. their population is approximately 1,100,000, of whom 450,000 live in toraja rumah the regency of tana toraja. most of the population is christian, and others are muslim or have local animist beliefs known as aluk. the indonesian government has recognised this animistic belief as aluk to dolo. the word toraja comes from the buginese language term to riaja, meaning "people of the uplands". the dutch colonial gover. seri etnografi kesehatan ibu dan anak 2012: etnik toraja sa’dan desa sa’dan malimbong, kecamatan sa’dan kabupaten toraja utara, provinsi sulawesi selatan badan penelitian dan pengembangan kesehatan 2014-01-08 laporan akhir rifaskes 2011 : rumah sakit badan penelitian dan pengembangan kesehatan 2014-01.

Aug 26, 2019 pernahkah mengunjungi rumah adat tongkonan di tana toraja? konon rumah adat ini memiliki banyak keunikannya, lho. See more videos for rumah toraja. Rumah khas toraja dinamakan dengan rumah tongkonan. rumah ini hanya ada di sulawesi tengah. jika dilihat lagi maka indonesia memang sangat kaya dengan adat istiadat. semua daerah di indonesia memiliki adat dan budaya yang berbeda-beda. setiap adat memiliki latar belakang kebudayaan dan kepercayaan yang berbeda juga. Rumah adat sulawesi selatan / provinsi sulawesi selatan dihuni oleh masyarakat yang berasal dari suku yang beragam. ada banyak suku yang menghuni provinsi yang beribukota di makassar ini, di antaranya suku bugis, suku mandar, suku toraja, suku makassar, dan lain sebagainya.

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng). di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. Jun 19, 2019 tanah toraja memiliki bangunan tradisional dengan banyak sekali keunikan. simak yuk ulasan mengenai rumah tongkonan yang . Rumah adat toraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara adat yang dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke toraja. mulai dari upacara rambu solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental. seorang lelaki bisu (adipati dolken) melakukan perjalanan menuju toraja untuk berobat, agar bisa berbicara mengapa toraja ? karena di sana ada ritual manene, yang mana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minimalis Rumah Dapur Subsidi

Adat Manggarai Rumah

Rumah123 Cinere Ashanty